NavIC – Apa alternatif GPS India? semua yang perlu Anda ketahui – panduan kasino Anda

Henry Quick digunakan pada pelapis

Pemerintah India mendorong produsen smartphone besar untuk mendukung sistem navigasi lokal, NavIC, mulai tahun depan pada perangkat yang dijual di negara tersebut. Sebuah langkah yang akan mengguncang industri karena tenggat waktu yang ketat dan biaya tambahan yang terlibat.

Reuters melaporkan (buka di tab baru) bahwa pemerintah India mendorong produsen ponsel cerdas untuk menerapkan dukungan untuk NavIC di ponsel cerdas yang mereka jual di India mulai Januari 2023. Raksasa ponsel pintar seperti Samsung, Xiaomi, dan Apple terguncang karena biaya tambahan dan pengembangan produk terlibat dan tenggat waktu yang ketat.

Mari kita lihat apa sebenarnya NavIC itu dan semua yang perlu Anda ketahui tentangnya.

Apa itu NavIC?

(Kredit gambar: ISRO)

NavIC, atau Navigasi Konstelasi India, adalah sistem navigasi satelit yang dikembangkan oleh ISRO. Ini mulai beroperasi pada 2018.

Ini adalah sistem navigasi yang mencakup seluruh India dan hingga 1500 km dari batasnya. Ini adalah alternatif regional untuk sistem navigasi GPS AS.

Ini terdiri dari 8 satelit yang terletak di sekitar 36.000 km di atas permukaan laut. Tiga satelit berada di orbit geostasioner, sedangkan lima lainnya berada di orbit geosinkron miring. Lima satelit lagi direncanakan akan diluncurkan.

Pengoperasian NavIC mirip dengan GPS. Ini memberikan akurasi lebih dari 10m di seluruh daratan India dan lebih baik dari 10m di atas Samudra Hindia.

Namun, kasus penggunaan NavIC terbatas dan sebagian besar digunakan dalam pelacakan kendaraan umum. Juga, untuk memberikan peringatan siaga darurat kepada nelayan di laut dan untuk melacak dan memberikan informasi tentang bencana alam.

Pemerintah India sekarang ingin meningkatkan penggunaannya dengan membuatnya lebih umum di smartphone.

GPS atau Global Positioning System, sistem navigasi yang digunakan secara universal, bersaing langsung dengan NavIC.

Perbedaan utama antara NavIC dan GPS adalah area operasinya. GPS tersedia di seluruh dunia, sementara NavIC terbatas di India dan wilayah sekitarnya. Ada rencana untuk membuat NavIC tersedia di seluruh dunia di masa depan.

Karena tersedia di seluruh dunia dan perlu melayani lebih banyak wilayah, GPS memiliki jaringan satelit yang jauh lebih unggul. Ini memiliki 31 satelit yang beroperasi, melawan 8 dari NavIC. Semua satelit ini adalah satelit geosynchronous, dibandingkan dengan dua jenis satelit yang digunakan oleh NavIC.

Akurasi GPS NavIC dan sipil adalah 20 meter, jadi Anda tidak akan mendapatkan akurasi yang lebih baik dengan kedua sistem tersebut.

Smartphone datang dengan dukungan NavIC sebelumnya

navigasi ponsel cerdas

(Kredit gambar: Pexels / Artem Podrez)

Beberapa smartphone datang dengan NavIC pada tahun 2020, seperti Realme X50 Pro, iQoo 3, seri Realme 6 dan seri Redmi Note 9. Tetapi setelah hype NavIC awal mereda, tidak ada merek yang peduli untuk menghadirkan perangkat baru dengan dukungan NavIC.

Dorongan baru dari Pemerintah India ini berarti bahwa kami akan melihat dukungan untuk NavIC di lebih banyak ponsel pintar.

Mengapa India mendorong NavIC?

NavIC dirancang untuk mengurangi ketergantungan pada GPS dan sistem satelit asing lainnya, terutama untuk ‘sektor strategis’.

Mengandalkan sistem satelit asing ini mungkin tidak selalu dapat diandalkan karena sistem ini dioperasikan oleh badan pertahanan di negara asing. Ada kemungkinan di masa depan bahwa layanan tersebut akan ditolak untuk penggunaan strategis atau penggunaan sipil.

“NavlC adalah sistem penentuan posisi pribumi yang berada di bawah kendali pribumi. Tidak ada risiko layanan ditarik atau ditolak dalam situasi tertentu.”, Pemerintah India menyebutkan dalam siaran pers (terbuka di tab baru).

India sekarang mendorong NavIC untuk mengurangi ketergantungan pada sistem navigasi lain.

Author: Logan Hughes